Membuat objek gambar dua dimensi seperti menggambar lingkaran dan kotak dapat dengan mudah dilakukan dengan bahasa pemrograman Java. Pada tutorial kali ini kita akan coba membuat garis lurus, persegi empat dan lingkaran.
Berikut adalah langkah-langkah pembuatan program:
-
Buka notepad dan ketikkan kode berikut:
import java.awt.*; import java.awt.geom.*; import java.awt.event.*; public class Java2D extends Frame { public Java2D() { layar(); } public static void main(String[] args) { Java2D J2D = new Java2D(); J2D.setVisible(true); } private void layar() { setSize(400, 400); addWindowListener(new WindowAdapter() { public void windowClosing(WindowEvent windowEvent){ System.exit(0); } }); } @Override public void paint(Graphics g) { g.drawLine(100, 150, 300, 150); //Menggambar Garis Lurus g.drawRect(100, 160, 100, 80); //Menggambar Persegi Empat g.drawOval(210, 160, 100, 80); //Menggambar Lingkaran } }
- Simpan dengan nama Java2D.java
- Compile dan jalankan program.
-
Berikut adalah hasil akhir dari program:
Apabila anda belum mengetahui bagaimana cara untuk compile dan menjalankan program java silahkan ikuti tutorial saya yang sebelumnya dalam judul:
Pengenalan Komponen GUI Pada Java AWT
Apabila ada pertanyaan silahkan tinggalkan melalui pesan komentar dibawah.
Terima kasih.
0 Comments:
Post a Comment